rss_feed

Sistem Informasi Desa Rensing Bat

Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur
Provinsi Nusa Tenggara Barat | 5203192016

Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim     83671  
rensingbatdesa@gmail.com    http://www.rensingbat.desa.id

  SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR, KAMI BERHARAP DENGAN HADIRNYA SISTEM INFORMASI DESA INI, PEMERINTAH DESA RENSING BAT BISA TERUS MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DAN SEBAGAI UPAYA KAMI MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI BAGI WARGA DESA RENSING BAT SESUAI AMANAH UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. SILAHKAN GUNAKAN KOTAK LAYANAN MANDIRI UNTUK MEMBUAT SENDIRI SURAT YANG ANDA BUTUHKAN. CARI KOTAK LAYANAN MANDIRI DI SEBELAH KANAN LAYAR KOMPUTER ANDA, SEBELUMNYA SILAHKAN MINTA KODE PIN ANDA DI OPERATOR DESA. TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEBSITE RESMI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT, SEMOGA KITA DIBERIKAN KESEHATAN DAN KEAFIATAN OLEH ALLAH S.W.T. AMIN YAROBBAL ALAMIN    

Cara dan Syarat Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Untuk Sekolah

date_range 11 Sep 2020 08:25:44 favorite 2.294 Kali

www.rensingbat.desa.id - Dikutip dari Laman web megapolitan.kompas.com. Dalam rangka meningkatkan dan menaikkan mutu pendidikan, pemerintah Indonesia mengupayakannya melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Penyaluran dana bantuan PIP dilakukan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar ( KIP).

PIP adalah program pendidikan yang dibentuk Presiden Joko Widodo. Program ini dirancang khusus untuk membantu anak dari keluarga tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai SLTA.

 PIP juga membantu meringankan biaya personal pendidikan, mencegah agar siswa tidak putus sekolah, serta mendorong siswa putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan di satuan pendidikan formal maupun non-formal.

Ada beberapa berkas yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan KIP yaitu :

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Akta Kelahiran
  3. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau SKTM apabila tidak memiliki KKS
  4. Rapor hasil belajar siswa
  5. Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah/Madrasah

Berdasarkan laman resmi Kemendikbud , ada beberapa langkah untuk mendapatkan KIP, yaitu:

  1. Siswa mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) milik orang tua ke lembaga pendidikan terdekat (dinas pendidikan) atau bisa juga melapor ke sekolah tempat siswa tersebut sekolah.
  2. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.
  3. Setelah itu sekolah/madrasah akan mencatat data siswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk dikirim/diusulkan ke Dinas Pendidikan/Kementerian Agama kabupaten/kota setempat
  4. Dinas pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota mengirim data/rekapitulasi pengajuan calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag.
  5. Nantinya, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sekolah yang berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukan data calon penerima KIP dalam dapodik.
  6. Kemendikbud/Kemenag akan mengirimkan KIP kepada calon penerima KIP yang lolos seleksi.

Bantuan yang akan diterima berupa dana dengan besaran yang telah ditentukan sesuai tingkatan pendidikan sebagai berikut.

  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 450.000 per tahun;
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp 750.000 per tahun;
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp 1.000.000 per tahun.

Pemanfaatan PIP ini juga tidak hanya diperuntukkan bagi pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP).  Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera juga bisa memanfaatkannya.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com

business
Komentar

Pada artikel ini

  • person
    Dakir

    19 September 2020 20:44:33

    Ank saya sdah punya kip ..sudah pernah cair tapi sudah 3 thun gk cair
  • person
    admin

    14 September 2020 07:44:08

    silahkan datangi kantor desanya bpk/ibu utk informasi lengkap
  • person
    admin

    14 September 2020 07:37:00

    Mellyda yoan silahkan hubungi kantor desanya pak/bu, karena semua mulainya dari desa
  • person
    Mellyda yoan

    14 September 2020 07:19:30

    Assalamu'alaikum sya dengan hrmt bntu ank sya bernama alkat Akbar Maulana dan raissa Kamila sya mhn anak saya supaya punya kartu KIP agar sekolahnya lancar sya mhn BPK pemerintah tlng buatinun untk putra putri sya kartu k.i.p kartu Indonesia pintar tks
  • person
    Neiza mursy aisyah

    11 September 2020 21:22:34

    Saya dari sd sampe smp sekarang kels 3 tidak pernah dapat apa apa yang namanya bantuan baik dari sekolah maupun dari pemerintah padahal orang tua saya tergolong orang tdak mampu .banyak yang mampu punya mobil tàpi dapat .mana keadilan dan pemerataan.
  • person
    admin

    11 September 2020 19:39:28

    pak ilyas, untuk jelasnya bapak bisa tanyakan langsung ke dinas pendidikan setempat atau ke sekolah tmpt anak bpk sekolah Dyka, klu mmg layak silahkan datangi dinas penndikan atau sekolah dimana anaknya sekolah terimakasih
  • person
    Ilyas

    11 September 2020 18:13:48

    sebenarnya PIP ini pencairannya berapa bulan atau bagaimana sistim nya,sebab pengalaman di daerah saya seandainya di SD sdh dapat maka tunggu di SMP baru dapat dan seterusnya dan kalau dihitung 3 tingkatan sekolah hanya dapat 3 kali mendapatkan manfaat PIP.
  • person
    Dyka Pratama Efriandi Nasution

    11 September 2020 16:49:30

    Anak saya Dyka Pratama EFRIANDI Nasution ingin mendapatkan KIP(KARTU INDONESIA PINTAR)
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

reorder Peta Desa

Alamat : Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim
Desa : Rensing Bat
Kecamatan : Sakra Barat
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83671
Telepon :
Email : rensingbatdesa@gmail.com

message Komentar Terkini

  • person EFORI HALAWA

    date_range 05 Desember 2021 21:56:41

    Saya sangat setuju dengan usulan teman-teman seperjuangan, agar secepatnya diterbitkan nipd perangkat desa dan juga gaji agar disamakan dengan gaji PNS. Terimakasih semoga terkabulkan Amin
  • person Jon henries harefa

    date_range 26 Oktober 2021 15:52:54

    Mohon penjelasan pak Mentri PDTT KENAPA LINK SID KEMENDES TIDAK BISA DIBUKA LAGI...??? jadi membuat masyrakat tidak bisa mengawasi DD LAGI...
  • person Heri

    date_range 14 Oktober 2021 19:52:59

    Harapannya tahun 2022 mudah-mudahan NIPD dapat di terbitkan
  • person Septiana

    date_range 04 Oktober 2021 09:38:22

    kami pemerhati simpatisan terhadap abdi desa/aparatur desa, kami merasa bangga terhadap aparatur desa diera modern saat ini, mereka jd abdi desa thn 2009, dan mampu bekrja dgn baik, sesuai tupoksinya, dgn dibekali ilmu melalui Bintek, pelatihan2 khusus oleh pempus,pemprop maupun pemda,dgn mksud dan tujuan menciptakan desa maju dan brkembang disgala bidang, akn ttpi adanya prgantian Kades yg trpilih, dan bertindak semena mena, trjadilah pemecatan merotasi dgn jabatan,yg tdk sesuai tupoksinya, Luntur sudah ilmu yg didapat, mmperlambat laju perkmbangan Desa, kami mohon kpd pmerintah, buatlah suatu aturan prundang undangan khusus untuk para Kades, agar bertinda mngacu dan sesuai aturan Pemerintah, dan kades bukan Raja. sekian trmksh.
  • person Asmawi

    date_range 14 September 2021 14:30:24

    Mohon di per hati kan..Kami dari Desa Pulau Lintang kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.. Kami diangkat menjadi perangkat Desa dari tahun 2013..tapi pada pilkades tgl 19 Agustus 2021..kades pemenangnya langsung mengganti perangkat yang baru, tanpa koordinasi dulu dan terkesan mengabaikan permendagri tahun 2018 tentang perangkat desa..
  • person Ardi

    date_range 14 September 2021 09:03:40

    Assallammualaikum bapak, mohon maaf dan tdk mengurangi rasa hormat saya. Saya mau bertanya pak terkait dgn pelayanan publik desa, apakah Desa Rensing Bat mempunyai maklumat pelayanan publik ? Maksud saya bertanya pak ada observasi penelitian skripsi yg saya lakukan terkait itu pak, mohon maaf sebelumnya Mohon bantuannya????????
  • person muhammad bajuri

    date_range 20 Agustus 2021 20:33:58

    tanggal lahir saya berapa
  • person Santo Hasan,A.Md

    date_range 18 Juli 2021 20:18:32

    Sy kasie pelayanan dari desa ombulo, kec limboto barat kab. Gorontalo berharap kepada pemerintah pusat agar kiranya NIPD segera diterbitkan..jgn hanya habis di wacana dan pembahasan..mohon pengertian dari pemerintah akn nasib kami..kami juga bekerja untuk pemerintah..melayani masyarakat bahksn ksmi siaga 24 jam..tp nasib kami tdk diperhatikan..wahai para petinggi negara..mohon mengertilah dgn kami..kasihanilah kami..yg punya keluarga yg harus kami hidupi..tlng perjelas status kami..
  • person Santo Hasan,A.Md

    date_range 18 Juli 2021 20:17:42

    Sy kasie pelayanan dari desa ombulo, kec limboto barat kab. Gorontalo berharap kepada pemerintah pusat agar kiranya NIPD segera diterbitkan..jgn hanya habis di wacana dan pembahasan..mohon pengertian dari pemerintah akn nasib kami..kami juga bekerja untuk pemerintah..melayani masyarakat bahksn ksmi siaga 24 jam..tp nasib kami tdk diperhatikan..wahai para petinggi negara..mohon mengertilah dgn kami..kasihanilah kami..yg punya keluarga yg harus kami hidupi..tlng perjelas status kami..
  • person HARIRUDIN

    date_range 12 Juli 2021 15:30:16

    PERLU DICONTOH OLEH BANYAK DESA

folder Arsip Artikel


    assessment Statistik Desa

    reorder Video Profil Desa

    contacts Info Media Sosial

    reorder Facebook Desa

    share Sinergi Program

    insert_photo Galeri Foto

    assessment Statistik Pengunjung

    Hari ini:76
    Kemarin:482
    Total Pengunjung:141.006
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.205.167.104
    Browser:Tidak ditemukan
    • MUHAMMAD HILMI, SE

      Kepala Desa

    • HADIANTO, S.PD

      Sekretaris Desa

    • M. KAZWAINI SEPTIAWAN

      Kasi Pemerintahan

    • AHYANUDDIN, S.PD

      kasi Kesra

    • IBRAHIM ARIFIN

      Kasi Pelayanan

    • MUHAMMAD KHAIRI

      Kaur Perencanaan

    • FITRIAH PADLI, S.Kom

      Kaur ADM dan Umum

    • DEDI HASRI RAHMAN, SE

      Kaur Keuangan

    • MUHAMMAD YASIN, S.AG

      Kawil Rensing Bat

    • MOH. ALI MASHRI, S.PD.I

      Kawil Lepok

    • BADARUDIN, S.PD.I

      Kawil Timuk Rurung

    • NUR HIKMAH, S.SOS

      Staf Kesra

    • -

      Kawil Tibu Jae

    • -

      Kawil Tembok Gading

    Scan LinkBrowser



    Scan APK

    76 viewer

    Pengunjung Hari Ini

    15.77 %
    Kemarin 482 viewer

    router OpenSID™ versi 21.12

    1. ADMINISTRASI :

    2. PELAPORAN PAJAK :

    • lock Login Aplikasi
      Halaman Administrator

    • phone Kontak Aparatur Desa
      Telepon, SMS, dan Whastapp

    • android Unduh APK
      Aplikasi SID for Android

    insert_chart
    APBDes 2021 Pelaksanaan

    Realisasi | Anggaran

    PENDAPATAN
    Rp. 1,417,991,141 | Rp. 1,417,991,141
    Realisasi 100 %
    BELANJA
    Rp. 1,367,991,141 | Rp. 1,367,991,141
    Realisasi 100 %
    PEMBIAYAAN
    Rp. 50,000,000 | Rp. 50,000,000
    Realisasi 100 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pendapatan

    Realisasi | Anggaran

    Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
    Rp. 4,800,000 | Rp. 4,800,000
    Realisasi 100 %
    Dana Desa
    Rp. 922,935,000 | Rp. 922,935,000
    Realisasi 100 %
    Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
    Rp. 61,418,412 | Rp. 61,418,412
    Realisasi 100 %
    Alokasi Dana Desa
    Rp. 427,337,729 | Rp. 427,337,729
    Realisasi 100 %
    Bunga Bank
    Rp. 1,500,000 | Rp. 1,500,000
    Realisasi 100 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pembelanjaan

    Realisasi | Anggaran

    BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
    Rp. 489,741,141 | Rp. 489,741,141
    Realisasi 100 %
    BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
    Rp. 333,829,000 | Rp. 333,829,000
    Realisasi 100 %
    BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
    Rp. 5,315,000 | Rp. 5,315,000
    Realisasi 100 %
    BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
    Rp. 114,962,500 | Rp. 114,962,500
    Realisasi 100 %
    BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
    Rp. 424,143,500 | Rp. 424,143,500
    Realisasi 100 %