rss_feed

Sistem Informasi Desa Rensing Bat

Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur
Provinsi Nusa Tenggara Barat | 5203192016

Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim     83671  
rensingbatdesa@gmail.com    http://www.rensingbat.desa.id

  SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR, KAMI BERHARAP DENGAN HADIRNYA SISTEM INFORMASI DESA INI, PEMERINTAH DESA RENSING BAT BISA TERUS MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DAN SEBAGAI UPAYA KAMI MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI BAGI WARGA DESA RENSING BAT SESUAI AMANAH UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. SILAHKAN GUNAKAN KOTAK LAYANAN MANDIRI UNTUK MEMBUAT SENDIRI SURAT YANG ANDA BUTUHKAN. CARI KOTAK LAYANAN MANDIRI DI SEBELAH KANAN LAYAR KOMPUTER ANDA, SEBELUMNYA SILAHKAN MINTA KODE PIN ANDA DI OPERATOR DESA. TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEBSITE RESMI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT, SEMOGA KITA DIBERIKAN KESEHATAN DAN KEAFIATAN OLEH ALLAH S.W.T. AMIN YAROBBAL ALAMIN    

Desa Rensing Bat Bangkit bersama SID Opensid

date_range 15 Jan 2021 08:10:46 favorite 201 Kali

rensingbat.desa.id - Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu desa dengan Jumlah Penduduk ± 1652 Jiwa dengan 5 buah Dusun dan memiliki luas wilayah ± 195 Ha.

Dengan Sebaran Penduduk tersebut tentunya pemerintah desa dan pemangku kepentingan yang ada di desa Rensing Bat harus merumuskan banyak terobosan agar pelayanan dapat maksimal.

Kebutuhan akan informasi dan pelayanan prima sangatlah diidamkan oleh warga desa. Kesempatan warga untuk dapat mengakses informasi keterbukaan publik saat ini masih jauh dari harapan. Dan inilah yang menjadi pekerjaan pemerintah desa yang saat ini diberi amanah untuk mengatur tatanan pelayanan maksimal yang ada di desa.

Baca juga, 117 KPM Rensing Bat Terima BST Kemensos Periode Januari 2021

UU Desa mengkonstruksi desa sebagai satu kesatuan yang mengatur diri sendiri yang berpegang pada asas demokrasi, dimana warga desa juga diberikan hak untuk turut memegang kendali atas penyelenggaraan pemerintahan tersebut. Keterbukaan informasi yang dipraktikkan oleh Pemerintah Desa dimaksudkan agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan. Melalui mekanisme ini maka akan terbangun akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 pasal 24, yang menyatakan bahwa asas penyelenggaraan Pemerintahan Desa  salah satunya adalah keterbukaan. Selanjutnya dinyatakan pada bagian penjelasan bahwa yang dimaksud dengan keterbukaan adalah asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kemudian pada pasal 26 ayat (4) huruf (f) diatur bahwa dalam menjalankan tugasnya Kepala Desa berkewajiban untuk melaksanakan prinsip tata Pemerintahan Desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme. Masih pada pasal dan ayat yang sama, pada huruf (p) diatur bahwa Kepala Desa juga memiliki kewajiban untuk memberikan informasi kepada masyarakat Desa.

Pada bagian lain, yakni pada pasal 27 huruf (d) diatur bahwa dalam menjalankan hak, tugas, kewenangan, dan kewajiban Kepala Desa wajib memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada masyarakat Desa setiap akhir tahun anggaran. Pasal 68 ayat (1) huruf (a) dinyatakan bahwa masyarakat desa berhak meminta dan mendapatkan informasi dari Pemerintah Desa serta mengawasi kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. Bagian akhir yang mengatur tentang keterbukaan informasi pada UU Desa terdapat pada pasal 86 ayat (1) dan ayat (5) yang menyatakan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan sistem informasi tersebut dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat desa dan semua pemangku kepentingan. Poin terakhir inilah yang kemudian menjadi tugas utama pemerintah desa Rensing Bat untuk terus dikembangkan.

Baca juga, Waspada Covid-19, Pemdes Rensing Bat Kembali Gelar Semprot Disinfektan ke Pemukiman Warga

Salah satu bentuk pengembangan manajemen keterbukaan Informasi dan pelayanan yang maksimal kepada warga yang dilakukan oleh pemerintah desa Rensing Bat adalah dengan mengembangkan Aplikasi OpenSID yang dapat digunakan dan di akses secara Offline dan Online melalui website desa, https://rensingbat.desa.id dan Subdomain https://www.sid.rensingbat.desa.id.

Salah satu fungsi website desa adalah sebagai media pelayanan publik, seperti :

Pelayanan Administrasi Online Desa dengan memanfaatkan media Handphone yang sudah berbasis Android. Masyarakat desa dapat berkomunikasi dengan server dikantor desa untuk pembuatan surat keterangan, surat izin keramaian, permohonan surat pindah/datang, dan kebutuhan administrasi lainnya melalui Widget Layanan mandiri yang sudah di sediakan di dalam website SID Opensid.

Disamping itu juga tersedia Pengelolaan Pengaduan Masyarakat seperti formulir online di website desa, SMS gateway, media komunitas. Pengelolaan Informasi, Masyarakat dapat langung memantau dan mengakses segala informasi yang berhubungan dengan data profil desa, sejarah desa, pelaksanaan pembangunan di desa, kegiatan kemasyarakatan desa dan lain sebagainya. Tersedia juga Penyuluhan kepada masyarakat Melalui Website desa.

Baca juga, Subsidi Gaji Diperpanjang Hingga Akhir 2021, Perangkat Desa Bisa Bernafas Lega

Pemerintah desa memberikan ruang kepada siapa saja untuk berbagi informasi penting yang berkaitan dengan kesehatan, sosialisasi tentang pertanian/perkebunan dan sebagainya.

Dalam konteks OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang Berbasis komputer (Offline dan Online). Mengelola informasi kantor desa, Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan aset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dan banyak lagi.


Peran dan Manfaat SID OpenSID

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

1. Kantor desa lebih efisien

Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.

2. Kantor desa lebih efektif

Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.

3. Pemerintah desa lebih transparan

Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.

4. Pemerintah desa lebih akuntabel

Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dan seterusnya.

5. Layanan publik lebih baik

Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.

6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa

Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.

7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa

Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Keinginan dan harapan pemerintah desa Rensing Bat saat ini adalah bagaimana kedepan segala kebutuhan pelayanan administrasi dan kebutuhan informasi tentang desa dapat di akses dalam satu aplikasi OpenSID, sehingga hal ini dapat memberikan segala kemudahan bagi pemerintah dan masyarakat desa dalam hal memberikan pelayanan serta keterbukaan informasi secara luas.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

reorder Peta Desa

Alamat : Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim
Desa : Rensing Bat
Kecamatan : Sakra Barat
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83671
Telepon :
Email : rensingbatdesa@gmail.com

message Komentar Terkini

  • person EFORI HALAWA

    date_range 05 Desember 2021 21:56:41

    Saya sangat setuju dengan usulan teman-teman seperjuangan, agar secepatnya diterbitkan nipd perangkat desa dan juga gaji agar disamakan dengan gaji PNS. Terimakasih semoga terkabulkan Amin
  • person Jon henries harefa

    date_range 26 Oktober 2021 15:52:54

    Mohon penjelasan pak Mentri PDTT KENAPA LINK SID KEMENDES TIDAK BISA DIBUKA LAGI...??? jadi membuat masyrakat tidak bisa mengawasi DD LAGI...
  • person Heri

    date_range 14 Oktober 2021 19:52:59

    Harapannya tahun 2022 mudah-mudahan NIPD dapat di terbitkan
  • person Septiana

    date_range 04 Oktober 2021 09:38:22

    kami pemerhati simpatisan terhadap abdi desa/aparatur desa, kami merasa bangga terhadap aparatur desa diera modern saat ini, mereka jd abdi desa thn 2009, dan mampu bekrja dgn baik, sesuai tupoksinya, dgn dibekali ilmu melalui Bintek, pelatihan2 khusus oleh pempus,pemprop maupun pemda,dgn mksud dan tujuan menciptakan desa maju dan brkembang disgala bidang, akn ttpi adanya prgantian Kades yg trpilih, dan bertindak semena mena, trjadilah pemecatan merotasi dgn jabatan,yg tdk sesuai tupoksinya, Luntur sudah ilmu yg didapat, mmperlambat laju perkmbangan Desa, kami mohon kpd pmerintah, buatlah suatu aturan prundang undangan khusus untuk para Kades, agar bertinda mngacu dan sesuai aturan Pemerintah, dan kades bukan Raja. sekian trmksh.
  • person Asmawi

    date_range 14 September 2021 14:30:24

    Mohon di per hati kan..Kami dari Desa Pulau Lintang kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.. Kami diangkat menjadi perangkat Desa dari tahun 2013..tapi pada pilkades tgl 19 Agustus 2021..kades pemenangnya langsung mengganti perangkat yang baru, tanpa koordinasi dulu dan terkesan mengabaikan permendagri tahun 2018 tentang perangkat desa..
  • person Ardi

    date_range 14 September 2021 09:03:40

    Assallammualaikum bapak, mohon maaf dan tdk mengurangi rasa hormat saya. Saya mau bertanya pak terkait dgn pelayanan publik desa, apakah Desa Rensing Bat mempunyai maklumat pelayanan publik ? Maksud saya bertanya pak ada observasi penelitian skripsi yg saya lakukan terkait itu pak, mohon maaf sebelumnya Mohon bantuannya????????
  • person muhammad bajuri

    date_range 20 Agustus 2021 20:33:58

    tanggal lahir saya berapa
  • person Santo Hasan,A.Md

    date_range 18 Juli 2021 20:18:32

    Sy kasie pelayanan dari desa ombulo, kec limboto barat kab. Gorontalo berharap kepada pemerintah pusat agar kiranya NIPD segera diterbitkan..jgn hanya habis di wacana dan pembahasan..mohon pengertian dari pemerintah akn nasib kami..kami juga bekerja untuk pemerintah..melayani masyarakat bahksn ksmi siaga 24 jam..tp nasib kami tdk diperhatikan..wahai para petinggi negara..mohon mengertilah dgn kami..kasihanilah kami..yg punya keluarga yg harus kami hidupi..tlng perjelas status kami..
  • person Santo Hasan,A.Md

    date_range 18 Juli 2021 20:17:42

    Sy kasie pelayanan dari desa ombulo, kec limboto barat kab. Gorontalo berharap kepada pemerintah pusat agar kiranya NIPD segera diterbitkan..jgn hanya habis di wacana dan pembahasan..mohon pengertian dari pemerintah akn nasib kami..kami juga bekerja untuk pemerintah..melayani masyarakat bahksn ksmi siaga 24 jam..tp nasib kami tdk diperhatikan..wahai para petinggi negara..mohon mengertilah dgn kami..kasihanilah kami..yg punya keluarga yg harus kami hidupi..tlng perjelas status kami..
  • person HARIRUDIN

    date_range 12 Juli 2021 15:30:16

    PERLU DICONTOH OLEH BANYAK DESA

folder Arsip Artikel


    assessment Statistik Desa

    reorder Video Profil Desa

    contacts Info Media Sosial

    reorder Facebook Desa

    share Sinergi Program

    insert_photo Galeri Foto

    assessment Statistik Pengunjung

    Hari ini:58
    Kemarin:482
    Total Pengunjung:140.988
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.205.167.104
    Browser:Tidak ditemukan
    • MUHAMMAD HILMI, SE

      Kepala Desa

    • HADIANTO, S.PD

      Sekretaris Desa

    • M. KAZWAINI SEPTIAWAN

      Kasi Pemerintahan

    • AHYANUDDIN, S.PD

      kasi Kesra

    • IBRAHIM ARIFIN

      Kasi Pelayanan

    • MUHAMMAD KHAIRI

      Kaur Perencanaan

    • FITRIAH PADLI, S.Kom

      Kaur ADM dan Umum

    • DEDI HASRI RAHMAN, SE

      Kaur Keuangan

    • MUHAMMAD YASIN, S.AG

      Kawil Rensing Bat

    • MOH. ALI MASHRI, S.PD.I

      Kawil Lepok

    • BADARUDIN, S.PD.I

      Kawil Timuk Rurung

    • NUR HIKMAH, S.SOS

      Staf Kesra

    • -

      Kawil Tibu Jae

    • -

      Kawil Tembok Gading

    Scan LinkBrowser



    Scan APK

    58 viewer

    Pengunjung Hari Ini

    12.03 %
    Kemarin 482 viewer

    router OpenSID™ versi 21.12

    1. ADMINISTRASI :

    2. PELAPORAN PAJAK :

    • lock Login Aplikasi
      Halaman Administrator

    • phone Kontak Aparatur Desa
      Telepon, SMS, dan Whastapp

    • android Unduh APK
      Aplikasi SID for Android

    insert_chart
    APBDes 2021 Pelaksanaan

    Realisasi | Anggaran

    PENDAPATAN
    Rp. 1,417,991,141 | Rp. 1,417,991,141
    Realisasi 100 %
    BELANJA
    Rp. 1,367,991,141 | Rp. 1,367,991,141
    Realisasi 100 %
    PEMBIAYAAN
    Rp. 50,000,000 | Rp. 50,000,000
    Realisasi 100 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pendapatan

    Realisasi | Anggaran

    Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
    Rp. 4,800,000 | Rp. 4,800,000
    Realisasi 100 %
    Dana Desa
    Rp. 922,935,000 | Rp. 922,935,000
    Realisasi 100 %
    Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
    Rp. 61,418,412 | Rp. 61,418,412
    Realisasi 100 %
    Alokasi Dana Desa
    Rp. 427,337,729 | Rp. 427,337,729
    Realisasi 100 %
    Bunga Bank
    Rp. 1,500,000 | Rp. 1,500,000
    Realisasi 100 %
    insert_chart
    APBDes 2021 Pembelanjaan

    Realisasi | Anggaran

    BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
    Rp. 489,741,141 | Rp. 489,741,141
    Realisasi 100 %
    BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
    Rp. 333,829,000 | Rp. 333,829,000
    Realisasi 100 %
    BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
    Rp. 5,315,000 | Rp. 5,315,000
    Realisasi 100 %
    BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
    Rp. 114,962,500 | Rp. 114,962,500
    Realisasi 100 %
    BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
    Rp. 424,143,500 | Rp. 424,143,500
    Realisasi 100 %